Hukum & Kriminal

Panggil Ketua Koperasi dan HRD SKI

Karyawan PT SKI saat menyampaikan keluhannya pada anggota DPRD Kota Probolinggo beberapa waktu lalu. (Dokumen/Koran Pantura)

PROBOLINGGO – Satreskrim Polres Probolinggo Kota akan memanggil ketua koperasi dan manajer HRD (Human Resources Development) PT Sumber Keramika Industri (SKI). Keduanya akan didengar keterangannya terkait laporan sejumlah karyawan dan mantan karyawan soal pemberlakuan denda kepada karyawan.

Hal itu diungkap Kasat Reskrim Polresta AKP Nanang, kemarin (12/12) siang. Menurutnya, ketua koperasi Gotong Royong Hariono memang pernah dipanggil untuk dimintai keterangan soal aliran dana kondite atau pemotongan gaji karyawan. Namun, karena ada yang masih kurang, Hariono akan dipanggil lagi.

Selain ketua koperasi, menurut AKP Nanang, polresta juga akan memanggil manajer HRD PT SKI Supriyanto. Menurutnya, Supriyanto belum pernah dipanggil terkait laporan karyawannya soal dana kondite atau denda yang diberlakukan ke karyawannya. “Ya, kami akan memanggil ketua koperasi dan manajer HRD. Dalam waktu dekat,” tandas Kasat.

Kasat mengatakan, setelah keduanya dimintai keterangan, pihaknya secepatnya menggelar kasus tersebut. Jika nanti diketahui kasus tersebut ada unsur pidananya, maka akan dilakukan penyidikan. Kalau sebaliknya, maka akan dihentikan. “Belum diketahui. Makanya kami akan memanggil dua orang tersebut untuk melengkapi data atau berkas yang sudah kami kumpulkan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 8 karyawan dan mantan karyawan PT SKI yang melaporkan perusahaannya ke polresta. Mereka keberatan soal denda yang dianggapnya memberatkan, sekaligus mempertanyakan alirannya.

Pelapor meminta agar polresta mengusut tuntas, sehingga dana kondite jelas peruntukannya. Sebab, selama ini karyawan tidak mengetahui aliran dana tersebut. Karyawan hanya mendengar bahwa dana denda tersebut mengalir dan dikelola koperasi perusahaan. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan