Hukum & Kriminal

Duda Perkosa Wanita Tunarungu


TIRIS – Suriyanto (38), seorang warga Desa Ranugedang Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, harus mendekam di penjara Polres Probolinggo. Pasalnya, pria yang baru bercerai itu tega memerkosa seorang wanita tunarungu, yaitu YI (29), warga Desa Racek,  Tiris, Sabtu (13/7) lalu.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto menyampaikan,  tersangka mulanya menjemput korban di rumahnya sekitar pukul 21.00. Tersangka berpura-pura mengajak korban pergi ke suatu tempat istimewa, tanpa diketahui oleh pihak keluarga korban.

Tetapi ternyata tersangka membawa korban ke rumahnya sendiri. Kebetulan, di rumah korban tidak ada orang. Di situlah, korban diperkosa oleh Suriyanto. Korban yang seorang tunarungu, dan mengidap keterbelakangan mental, sempat menolak. “Korban sempat menolak ajakan itu,” ujar AKP Riyanto.

Saat korban menolak ajakan itu,  tersangka mengancam akan membunuhnya. Karena diancam, korban takut dan akhirnya pasrah. “Tersangka memperkosa korban di rumah itu,” tutur AKP Riyanto yang berasal dari Pasuruan itu.

Ia menyampaikan, pada malam itu korban diinapkan di rumah tersangka. Hingga keluarga korban mencarinya. Baru keesokan harinya, Minggu (14/7), keluarga korban mencarinya dan menemukan korban dibonceng Suriyanto di jalan raya Desa Satreyan Kecamatan Maron. “Nah di situ kemudian korban YI dibawa pulang. Akhirnya YI menceritakan kejadian yang menimpanya,” terangnya.

Masih kata AKP Riyanto, pihak keluarga langsung melaporkan kejadian itu pada  kepolisian. Lalu polisi menangkap tersangka di kediamannya tanpa perlawanan, pada Senin (15/7) lalu. “Sekarang tersangka sudah diamankan di mapolres untuk ditindaklanjuti,” terangnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel