Hukum & Kriminal

Pencuri HP Ditetapkan Tersangka


PROBOLINGGO – Muhammad Amin (25) terduga pelaku pencurian sebuah handphone (HP) milik rekan satu kontrakannya, sudah ditetapkan tersengka. Remaja asal Desa Mangkrengan, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan itu, terbukti mencuri HP rekannya yang sedang tidur.

Kepastian itu, dibenarkan Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota (Polresta) AKP Nanang Fendy Dwi Susanto, Rabu (19/6) siang. Disebutkan, terduga pelaku ditetapkan tersangka karena terbukti secara sah mencuri HP Oppo F9 milik Zainal Arif (35) di rumah kontrakannya di jalan Mastib, Gang Markisa, Kelurahan Jerebeng Wetan, Kecamatan Kedopok.

Pelaku dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Sementara, rekan pelaku yang diakui tersangka dititipi HP yang dicurinya, dinyatakan tidak terlibat. Dimungkinkan, rekannya itu hanya alibi M. Amin.

“Rekan pelaku tidak kami kenai pasal turut serta. Soalnya tidak jelas. Kata pelaku kemarin, HP dibawa rekannya. Tapi M. Amin tidak bisa menjelaskan siapa yag dimaksud rekannya tersebut,” papar Kasat.

AKP Nanang, tidak tahu apakah M. Amin mengambil HP dari rekannya atau tidak. Yang jelas HP curian tersebut sudah diserahkan ke petugas dan telah dijadikan barang bukti.

Ditangkapnya M. Amin membuat publik banyak bertanya. Apakah ada keterlibatan Amin terhadap kasus lainnya. Kasus dimaksud yakni penjambretan kalung emas seberat 26 gram sehari sebelumnya. Kejadian penjambretan itu di Jalan Abdul Ajis, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok.

Maka dijawab oleh pihak Reskrim Polresta bahwa belum ada saksi yang mengarah ke M. Amin. Polisi pun belum bisa melakukan pengembangan dalam penyelidikan kasus. Alasannya, memperthatikan Aliyah (67), korban penjambretan emas seharga Rp 10 juta tersebut belum melapor.

Namun pihaknya berkomitmen terus mendalami aksi pencurian HP tersebut. Jika pun ada kaitannya dengan kasus lain maka bisa saja terungkap dari penyidikan pencurian HP. Namun Kasat belum bisa menjanjikan jawaban lain, karena sampai saat ini M. Amin belum mengaku pernah melakukan tindak kriminal di wilayah mana saja.

“Belum diketahui terlibat penjambretan emas atau tidak. Korban kan belum laporan. Tersangka juga belum ngaku menjambret di mana saja,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, M Amin pada Selasa (18/6) Siang, diamankan petugas polresta, setelah sebelumnya dihakimi warga. Tersangka saat itu diduga mencuri HP Oppo F9 milik Zainal Arif (35) rekan satu kontrakan di Jalan Mastib, HP terebut dicuri saat pemiliknya tertidur, padahal M Amin malam itu, tidur bersama pemilik Hp. (gus/ra)


Bagikan Artikel