Hukum & Kriminal

Warga Sumberduren Gagalkan Pencurian Sapi, Pelaku Berhasil Kabur

KRUCIL – Keberuntungan masih menyertai Maryami (50), warga Dusun Manggisan, Desa Sumberduren, Kecamatan Krucil. Dua ekor sapinya berhasil diselamatkan dari tangan pencuri, Rabu (15/5) dini hari. Sayangnya, pihak kepolisian gagal meringkus pencuri sapi tersebut.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 01.00. Ketika Maryami hendak memberi pakan, kedua sapinya tak ada di kandangnya. Spontan, dirinya segera berteriak minta tolong. Beruntung warga segera menyadari dan melakukan pengejaran bersama pihak polsek Krucil.

Kapolsek Krucil AKP Dwi Sucahyo mengatakan, dua ekor sapi limusin itu ditemukan setelah pihaknya menyusuri jalan-jalan rawan di Desa Sumberduren dan Desa Roto. Selain itu, petugas menyisir ‘jalur tikus’ yang biasa dilalui komplotan pencuri hewan.

“Kami punya firasat sapi itu dibawa ke tempat yang rawan. Akhirnya kami temukan sapi limusin ini di jurang sungai jalan setapak masuk Desa Roto. Jalan itu memang kerap dijadikan jalan pintas oleh para pelaku kriminal,” katanya.

Lanjutnya, dua sapi limusin yang ditaksir seharga Rp 15 juta dan Rp 8 juta itu dilepas oleh pelaku. Diduga, pelaku mengetahui bahwa tengah dikejar oleh warga dan polisi. Mencari aman, akhirnya pelaku meninggalkan sapi tersebut. “Sapi ditinggal begitu saja di antara semak-semak. Kondisi sapinya masih baik dan tidak terluka. Sekarang sapi sudah kami kembalikan  pada pemiliknya,” tuturnya.

Meski sapi tersebut sudah kembali pada pemiliknya, namun polisi tidak akan tinggal diam dan membiarkan kejadian itu. Pihaknya akan terus melakukan penyelidikan atas pelaku pencurian tersebut. Untuk saat ini, pelaku yang lolos dari kejaran polisi itu masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). “Kami akan terus mencari informasi siapa pelaku itu. Supaya tindak pidana pencurian bisa terungkap dan tak ada lagi kasus pencurian sapi,” tegasnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan