Hukum & Kriminal

Anggaran Pilkades Rp 300 juta

PROBOLINGGO – Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan anggaran belanja untuk pelaksanaan Pilkades serentak 2019. Tercatat anggaran bantuan keuangan kepada desa senilai Rp 300 juta telah dipersiapkan untuk pelaksanaan Pilkades di 12 desa di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Bidang Anggaran pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Jurianto mengungkapkan beberapa hal. Anggaran yang berasal dari APBD tahun 2019 itu jumlahnya akan berbeda tiap desanya. Pasalnya, pemberian bantuan keuangan kepada desa itu, ditentukan oleh besar kecilnya jumlah DPT disetiap desa yang berbeda.

“Paling banyak desa Kedawung kecamatan Kuripan yakni senilai Rp 27 juta, dan paling sedikit desa Bulu Kecamatan Kraksaan senilai Rp 23 juta,” ungkapnya, Kamis (25/4).

Pemberian bantuan keuangan itu, sepenuhnya akan diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo. Selain bantuan keuangan senilai Rp 300 juta tersebut, lanjutnya, Badan Keuangan Daerah juga akan menyertakan anggaran untuk penunjang pelaksanaan Pilkades khusus untuk DPMD Kabupaten Probolinggo, senilai Rp 88.394.500,

“Dana tersebut dapat dipergunakan oleh untuk operasional, kepanitiaan dan kesekretariatan. Selain itu perdin, rapat dan mungkin untuk sosialisasi yang dilakukan oleh petugas dari DPMD,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Aparatur Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat Mujiono membenarkan. Namun menurutnya, pelaksanaan Pilkades untuk 12 desa tersebut hingga saat ini belum ditentukan kapan jadwal pastinya, “Hingga saat ini, kami masih belum berani memberikan keterangan terkait hal itu,” tandasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan