Hukum & Kriminal

Kejari Bakal Limpahkan Kasus Eks Kades


KRAKSAAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo bakal melimpahkan berkas perkara eks Kades Brumbungan Lor, Kecamatan Gending Rohmad ke Pengadilan Tipikor di Surabaya. Rencananya, berkas perkara tersebut akan dilimpahkan pada akhir bulan ini.

Salah satu kegiatan rutin Kejaksaan Negeri Kraksaan yakni menjemput tahanan menuju pengadilan. (Dokumen/Koran Pantura)

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Probolinggo Novan Basuki menyampaikan, sampai saat ini eks kades Rohmad masih belum berhasil ditangkap. Tersangka kasus penjualan tanah itu masih ditetapkan sebagai buron. Namun, meski demikian, pihaknya tetap akan menyidangkan perkara itu.

Berkas kasus itu kini tengah proses penyempurnaan, sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor. “Berkasnya sudah selesai. Tinggal penyempurnaan saja. Kami berencana melimpahkan pada akhir bulan ini,” kata Rohmad saat dikonfirmasi kemarin (18/3).

Menurutnya, jika berkas perkara itu sudah dilimpahkan pada akhir bulan, diperkirakan sidang bisa dilakukan mulai bulan depan. “Kalau sudah kami limpahkan bulan ini, bisa jadi bulan depannya langsung disidangkan,” ungkapnya.

Selanjutnya, dalam kasus tindak pidana korupsi tersebut, sidang bisa tetap digelar meski tanpa kehadiran terdakwa, atau disebut sidang in absentia. “Di perkara korupsi, ada istilahnya sidang in absentia, atau sidang tanpa kehadiran terdakwa,” ujarnya.

Novan menambahkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi atas perkara korupsi eks Kades Rohmad. Jumlah saksi yang sudah diperiksa ada sekitar 20 sampai 25 orang. “Jadi, tinggal melimpahkan berkas saja, ” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rohmad menjabat Kades Brumbungan Lor periode 2008-2014. Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka penjualan tanah kas desa. Penjualan itu terjadi sekitar tahun 2013.

Tanah kas desa seluas sekitar 0.513 hektare diduga dijual Rohmad kepada Robani, warga Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali, seharga Rp 415 juta. Tanah kas desa itu sudah bersertifikat atas nama Sini. (yek/iwy)


Bagikan Artikel