Hukum & Kriminal

Tiga Sapi Sekaligus Dimaling

TEGALSIWALAN – Aksi pencurian hewan (curwan) masih saja terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo. Kali ini yang menjadi korban ialah Mudi (55), warga Desa Banjarsawah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Ia harus menerima kenyataan pahit bahwa tiga ekor sapi peliharaannya amblas sekaligus digondol maling.

Aksi pencurian itu terjadi pada Minggu (17/3) dini  hari. Tiga sapi peliharaan Mudi digondol dari kandang. Mudi sendiri baru mengetahui tiga sapi peliharaannya itu hilang dimaling, sepulang dari dia kerja sebagai penggoreng kerupuk.

Berdasar informasi yang dihimpun Koran Pantura, aksi pencurian tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 01.30 sampai 03.30. Saat itu rumah milik Mudi yang terletak di Dusun Pancoran RT 17 / RW 02 tengah sepi. Penghuni rumah masih bekerja sebagai penggoreng krupuk.

“Mudi itu pulang kerja sekitar jam 01.30. Setelah itu dia beristirahat, dan baru tahu kalau sapinya hilang sekitar jam 04.00. Itu pun setelah melihat pintu kandang yang biasa dia gembok sudah dalam kondisi terbuka,” kata Kades Banjarsawah Muhammad Saleh, kemarin.

Dijelaskannya setelah mengetahui sapinya hilang, Mudi langsung berteriak minta tolong. Lalu, bersama dengan warga, Mudi berupaya mencari sapinya yang hilang itu ke seluruh penjuru desa. Sayangnya, upaya itu tidak membuahkan hasil. 

Diduga kuat pelaku pencurian tersebut lebih dari satu orang dan menggunakan kendaraan roda empat untuk mengangkut sapi curia tersebut. “Kami sudah mencarinya bahkan keluar desa sampai Minggu sore. Tetapi kami kehilangan jejak,” kata Kades Saleh.

Sementara, Kapolsek Tegalsiwalan AKP Ida Bagus mengaku pihaknya sudah menurunkan anggotanya untuk turut membantu warga mencari 3 ekor sapi tersebut. Namun, hingga Minggu sore, pencarian tersebut belum membuahkan hasil.

Diakui memang ada dugaan kuat bahwa sapi tersebut diangkut oleh pelaku menggunakan mobil atau truk. Karena itu, pelakunya diduga kuat lebih dari 1 orang. “Kasus ini sedang kami tangani. Mudah-mudahan ada petunjuk atau saksi yang melihat aksi pencurian itu, untuk selanjutnya kami lakukan pengejaran terhadap para pelaku,” tandasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan