Hukum & Kriminal

Tangkap Begal Bukit Bentar


GENDING – Polres Probolinggo berhasil menangkap Wariyanto (35), warga Desa Pikatan dan Heru Hermanto (23), warga Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (13/3) malam. Pelaku terlibat pembegalan di kawasan bukit Bentar pada Agustus tahun lalu. Keduanya berhasil ditangkap unit Opsnal bagian Sat Reskrim Polres Probolinggo di rumahnya.

Kapolsek Gending AKP Ohim menjelaskan, penangkapan terhadap 2 dari 4 kawanan begal itu dilakukan setelah anggotanya mendapatkan cukup bukti dan informasi terkait keterlibatan para tersangka dalam tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) atau begal. Korbannya adalah Hadi Wibowo (25), warga Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo dan Siti Nur Azizah (18), warga Desa Bulang Kecamatan Gending.

“Dari keterangan saksi dan korban yang merupakan pasangan itu, kami terus menyelidiki siapa saja para pelakunya. Hingga akhirnya tertangkaplah 2 tersangka tersebut, lengkap dengan barang bukti berupa 1 unit HP merk Samsung milik salah satu korban,” ungkapnya, Kamis (14/3).

AKP Ohim menjelaskan, kasus ini bermula ketika Hadi Wibowo dan Siti Nur Azizah tengah berpacaran di sekitar kawasan bukit Bentar yang sepi pada sore hari. Tiba-tiba mereka didatangi para pelaku yang berjumlah 4 orang dengan menggunakan 2 sepeda motor. Dengan kasar, mereka meminta barang secara paksa pada korban. Karena korban menolak, akhirnya pelaku mengeluarkan celurit dan pisau dari balik pakaiannya.

“Karena takut, kedua korban terpaksa menyerahkan tas mereka yang berisikan 2 unit HP. Yakni HP Evercoss dan HP Samsung. Tak puas hanya dapat HP, Helm merk INK milik korban pun juga dirampas pelaku. Sehingga total korban mengalami kerugian hingga Rp 3 juta,” beber Kapolsek Ohim.

Adapun 2 pelaku lainnya hingga kini sedang dalam pengejaran polisi. Kedua pelaku yang telah tertangkap ini dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. “Ancaman hukumannya 9 tahun penjara,” sebutnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel