Hukum & Kriminal

Pelaku Pembakaran Mobil Ditangkap, Polisi Temukan Perkara Baru


PROBOLINGGO – Seorang pelaku pembakaran mobil milik warga Desa Kedungsumur, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo akhirnya ditangkap polisi. Saat dilakukan pengembangan polisi pun menemukan perkara baru dari tersangka.

Diketahui, ternyata tersangka juga merupakan pelaku penebangan pohon liar atau ilegal logging di areal hutan wilayah Kecamatan Gading. Atas temuan baru itu tersangka pun dikenakan dua perkara secara langsung. Yakni pembakaran mobil dan ilegal logging.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengungkapkan, tersangka yang juga merupakan pelaku ilegal logging itu bernama Abdus Sukur (37), berprofesi sebagai petani di Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Dijelaskan, tersangka melakukan pembakaran mobil milik warga Pakuniran bernama Saman (41), lantaran menganggap si pemilik mobil yang dibakar adalah orang yang melaporkannya ke polisi terkait ilegal logging yang diperbuatnya.

“Dari keterangan yang diberikan tersangka, ia menganggap pemilik mobil tersebut yang melaporkan dirinya kepada polisi terkait perbuatan ilegal logging yang diperbuatnya,” ungkap Kapolres saat Konfrensi Pers di Mapolres setempat, Jumat (20/1).

Lebih lanjut, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) jelas Kapolres, tersangka melakukan pembakaran mobil di Januari lalu dengan menaiki pagar garasi di rumah korban. Lalu, saat berada di dalam garasi tersangka membakarnya.

Tersangka kini telah berhasil ditangkap, dan dikenakan dua perkara sekaligus yakni perkara pembakaran mobil dan ilegal logging. Ia pun juga dijerat dengan dua pasal sekaligus.

“Pasal 406 KUHP terkait tindak pidana pembakar mobil, dan Pasal 83 ayat 1 Huruf b, Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan,” jelasnya.
Sekedar informasi, mobil milik Saman (41) warga Desa Kedungsumur, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, ditemukan terbakar, Rabu (4/1) lalu, sekira pukul 02.30 WIB.

Bersamaan saat itu sedang beristirahat di dalam kamar rumahnya. Lalu terbangun mendengar suara ledakan dari arah garasi. Setelah di cek, mobil Daihatsu Terios putih ber nomor polisi W 1319 WG miliknya telah terbakar. (ar/ra)


Bagikan Artikel