Hukum & Kriminal

Kapolres Probolinggo Teken MoU Bebas Korupsi


PAJARAKAN – Polres Probolinggo saat ini tengah melaksanakan program Pencanangan Zona Integritas (ZI). Program tersebut dilaksanakan demi mewujudkan Polres Probolinggo sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Sebagai tindaklanjut dari program tersebut, Polres menggandeng dengan 2 perguruan Tinggi (PT) dan Koran Pantura, sebuah media massa di wilayah Kabupaten Probolinggo. Polres dan pihak-pihak tersebut telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Ruang Rupatama Parama Satwika, Kamis (7/2).

 

Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (Inzah) Kota Kraksaan dan Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, merupakan 2 perguruan tinggi yang digandeng oleh Polres Probolinggo dalam program tersebut. Dalam MoU tersebut, Polres dan pihak-pihak terkait berkomitmen untuk turut bersama-sama mengawasi jalannya pelayanan Polres Probolinggo kepada masyarakat.

 

Baik Inzah maupun Unuja diharapkan membantu mengawal, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya pelayanan Polres Pobolinggo di sejumlah lini. Terutama yang bersinggungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Semisal pelayanan SIM di Satpas Satlantas Polres Probolinggo. Nanti 2 perwakilan dari perguruan tinggi ini akan kami ajak untuk meninjau langsung jalannya pelayanan SIM di Satpas. Apabila ada kekurangan, maka 2 perguruan tinggi ini akan menyampaikan kepada kami. Hal itu kami jadikan sebagai bahan evaluasi,” terang Kabagren Polres Probolinggo Kompol Sudibyo.

 

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, pencanangan Zona Integritas dilaksanakan demi mewujudkan predikat WBK dan WBBM. Program tersebut mendapat atensi langsung dari Kapolri Jendral Tito Karnavian. “Kapolri menginginkan seluruh jajaran yang ada di korps Bahyangkara, utamanya jajaran di bawah komandonya agar bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme),” tegasnya.

 

Untuk meningkatkan kepercayaan publik pada Polri, maka Polres Probolinggo pun meluncurkan program tersebut. “Kami terus berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat demi terujudnya zona integritas WBK dan WBBM,” ungkapnya.

 

Dari kiri, rektor Inzah Dr. Abdul Aziz Wahab M.Ag, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto SH SIK, Wakil Rektor IV Unuja KH. Fais AHZ, M. Fil.I, dan Pemred Koran Pantura Abdur Rohim Mawardi. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

 

Rektor Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (Inzah) Kraksaan Dr. Abdul Aziz Wahab M.Ag menyatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif Polres Probolinggo yang melibatkan perguruan tinggi. Yakni untuk turut serta melakukan pengawasan dan mengevaluasi sektor pelayanan di tiap unit pelayanan yang ada di Polres Probolinggo.

 

“Kami sangat mengapresiasi keinginan Kapolres untuk turut melibatkan kami dalam upaya peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Polres Probolinggo. Kami siap untuk turut serta berpartisipasi,” ujarnya.

 

Wakil Rektor IV Universitas Nurul Jadid Paiton KH. Fais AHZ, M. Fil.I juga menyatakan hal senada. Kiai Fais menegaskan, Kapolres memiliki inisiatif yang cukup positif untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Oleh karena itu, kami siap untuk mendukungnya. Kami menilai niat baik Kapolres, harus dikawal dan direalisasikan dengan baik pula,” tegasnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel