Hukum & Kriminal

5 Narapidana Bebas Setelah Dapat Remisi


PROBOLINGGO – Sebanyak 254 orang narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mendapatkan remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Dari ratusan orang tersebut, 5 di antaranya langsung bebas.

Remisi diserahkan secara simbolis pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Rabu (17/8). Timbul berharap pemberian remisi tersebut memiliki makna mendalam bagi setiap WBP Rutan Kelas II B Kraksaan. Menurutnya, masa yang sudah lalu harus menjadi pengalaman berharga untuk menjalani hidup ke depannya.

“Ini merupakan bentuk penghargaan kepada setiap WBP Rutan Kelas IIB Kraksaan. Harapannya nanti ketika sudah kembali ke masyarakat bisa berkarya melalui keterampilan yang dimilikinya,” harap Timbul.

Sementara Kasubsi Pelayanan Tahanan pada Rutan Kelas II B Kraksaan Fathurrosi mengatakan, dalam rangka HUT RI ke-77 ini pihaknya mengajukan remisi untuk 254 orang WBP. Semuanya disetujui oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

“Dari 254 orang WBP yang mendapat remisi ini, 5 orang di antaranya langsung bebas. Ini sekarang secara simbolis diserahkan langsung oleh bapak Plt Bupati pada upacara kemerdekaan,” papar Rosi.

Ia menerangkan, remisi adalah pengurangan masa tahanan yang diberikan bagi WBP yang berkelakuan baik selama enam bulan. Selain itu juga nara pidana yang dimaksud telah menjalani pidana minimal enam bulan. Pemberian remisi kepada setiap nara pidana pun berbeda.

“Ada 86 orang mendapatkan remisi 1 bulan, 41 orang remisi 2 bulan, 79 orang remisi 3 bulan, 34 orang mendapatkan remisi 4 bulan, dan 14 orang mendapatkan remisi 5 bulan,” beber Rosi. (ar/eem)


Bagikan Artikel