Hukum & Kriminal

Satlantas Probolinggo Amankan Mobil Bodong


PROBOLINGGO – Satlantas Polres Probolinggo berhasil mengamankan 1 unit mobil berplat nomor palsu atau bodong. Mobil jenis minibus merk Toyota Calya itu diamankan ketika melintas di ruas jalan pantura kabupaten Probolinggo pada Minggu (14/8) siang.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Sapari mengungkapkan pengamanan terhadap kendaraan minibus tersebut. Bermula dari adanya laporan dari masyarakat yang mengadukan terkait adanya kendaraan yang menggunakan plat nomor yang identik dengan miliknya.

“Dari laporan tersebut, kemudian anggota Satlantas melakukan koordinasi dan melakukan pengejaran terhadap kendaraan yang dimaksud. Hingga akhirnya mobil tersebut berhasil diberhentikan disekitar Kraksaan,” ungkapnya, Senin (15/8).

Diterangkan AKP Sapari bahwa pada saat kendaraan itu diberhentikan dan dilakukan pengecekkan surat-surat kendaraan. Didapati jika STNK yang ditunjukkan oleh pengemudi mobil yakni Maruddin (42) warga desa Tanjung, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo ternyata palsu.

“Setelah dicek atau dicocokkan antara nomor rangka dan nomor mesinnya. Patut diduga jika kendaraan itu memang menggunakan data atau identitas palsu alias bodong,” terangnya.

Lebih lanjut, ditegaskannya bahwa saat ini untuk kepentingan lebih lanjut. Kendaraan dan surat-surat kendaraan yang di duga palsu itu telah diamankan atau disita oleh anggotanya. Sedangkan untuk pengemudinya dikenakan sanksi berupa tilang.

“Untuk pengemudinya saat ini sudah kami berikan penindakan pelanggaran berupa surat tilang. Nanti kami akan melakukan gelar perkara untuk proses penyidikan dan dilimpahkan ke Sat Reskrim” tegas AKP Sapari. (tm/ra)


Bagikan Artikel