Hukum & Kriminal

Jelang Idul Fitri, Pengedar Pil Diamankan


KOTAANTAR – Menjelang akhir bulan suci Ramadan, anggota Unit Reskrim Polsek Kotaanyar Polres Probolinggo menangkap seorang pria. Pria yang diketahui bernama Sutarji (37) tersebur ditangkap karena kedapatan menyimpan obat keras dan berbahaya (Okerbaya).

Tak hanya itu, pria yang diciduk di rumahnya di Dusun Karangasem, Desa Sukorejo, Kecamatan Kotaanyar itu juga diketahui mengedarkan Okerbaya kepada sejumlah kalangan. Dan hal ini membuat warga resah.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, penangkapan terhadap tersangka bermula ketika petugas mendapat informasi dari masyarakat terkait penjualan pil dextro di sekitar lokasi. Dari informasi tersebut, kemudian petugas melakukan penyelidikan.

“Kami lakukan penyelidikan kurang lebih seminggu hingga akhirnya berhasil ditangkap,” kata Kapolres Selasa (26/4).

Petugas juga melakukan penggeledahan. Dari penggeledahan tersebut, petugas berhasil menemukan sejumlah Okerbaya.

“Selanjutnya, dari penggeledahan didapati 14 buah paket pil warna kuning berisi 781 butir pil dan tiga buah paket pil warna putih berisi 153 butir,” terangnya.

Kini, tersangka maupun barang bukti audah diamankan di Mapolsek setempat guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Pihaknya kini sedang menyelidiki asal pil tersebut didapatkan.

“Untuk pelaku dijerat dengan pasal 197 UU No.36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman paling lama 15 tahun penjara,” ujarnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel