Hukum & Kriminal

Tiga Hari, 5 Sapi Dimaling


PROBOLINGGO – Terhitung dalam kurun tiga hari, Sabtu (13/11) sampai Senin (15/11) ada 5  sapi milik warga di Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo amblas dicolong maling. Dua di antaranya adalah milik Ardi, 50, warga Dusun Krajan, Desa Muneng Kidul, yang hilang pada Senin dini hari. Atas kejadian itu, Ardi merugi sekitar Rp 35 juta.

Saat ditemui di kediamannya kemarin, Koran Pantura berjumpa dengan istri Ardi, yakni Buliha. Ia bercerita jika dua ekor sapinya dibeli seharga Rp 25 juta pada Agustus lalu. Sapi itulah yang digondol maling. Ia menyadari dua ekor sapinya hilang ketika hendak memberi pakan.

Menurut Buliha, pelaku mencuri dengan cara membobol pagar sisi belakang kandang. Dalam aksi itu, tampak jejak sapi dan pelaku berjalan menuju ke arah Desa Sumberkare, Wonomerto. Namun saat berusaha dikejar, tetap saja sapi tidak ditemukan.

Buliha menuturkan, kejadian pencurian sapi ini sudah kali kedua terjadi. Pertama terjadi pada Agustus lalu.  “Agustus itu ada dua ekor sapi, diambil hanya 1 ekor. Kemudian sisanya saya jual untuk beli 2 sapi lagi. Lha sapi yang hilang bulan November ini baru dibeli Agustus itu. Kerugiannya Rp 35 juta,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah sudah melaporkan kejadian pencurian ini ke Polsek Sumberasih, Buliha menjawab tidak. Tetapi ia hanya melapor ke Pj Kepala Desa.

Selain itu, Buliha menyebutkan bahwa pencurian sapi terjadi selama 3 hari berturut-turut di Desa Muneng Kidul. Tepatnya mulai Sabtu (13/11) hingga Senin (15/11), total ada 5 sapi yang dicuri. “Termasuk saya. Kedua milik Salimin hilang satu ekor, dan ketiga ada di blok Muneng Timur, ada 2 ekor. Totalnya ada 5 ekor,” ucapnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel