Hukum & Kriminal

Maling Bobol Rumah, Gasak Rp 50 Juta


PROBOLINGGO – Aksi pencurian di siang bolong terjadi di rumah Yunif Prabowo Aji di Jalan Mawar Kuning,  Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Selasa (9/11). Dalam aksi pencurian itu, total kerugian mencapai 50 juta amblas.

Yunif mengalami kerugian sebesar itu berasal dari hilangnya uang tunai, perhiasan, jam tangan hingga kamera mirrorless. Tim Inafis Polres Probolinggo Kota yang mendapatkan laporan pencurian itu langsung datang melakukan olah TKP. beberaa barang untuk dijadikan petunjuk, dibawa ke markas polresta.

Menurut Yunif Prabowo Aji, aksi pencurian itu terjadi antara pukul 08.00 hingga 11.30, saat dirinya berada di luar rumah. “Sekitar jam itu, karena kebetulan saya lagi bangun rumah di jalan sebelah. Biasa, ngecek tukang dan materialan, kemungkinan di jam itu maling ini masuk rumah,” kata Yunif saat ditemui, kemarin sore.

Pria 57 tahun itu mengatakan, mulanya ia curiga karena gembok gerbang rumahnya terbuka. “Saya pikir, saya yang lupa. setelah saya masuk rumah, ternyata kamar rumah acak acakan, padahal pintunya terkunci, kemungkinan dicongkel,” katanya. Sementara, pintu belakang rusak. karena pelaku mamasuki pintu belakang tersebut.

Di saat bersamaan, memang rumah itu kosong. Dua anaknya bekerja di luar kota.  Sedangkan istrinya, Siska (52), juga sedang bekerja di luar kota. Praktis setiap hari dirinya yang berada di rumah. “Biasanya meski stand by di rumah yang saya bangun, sesekali saya juga ngecek rumah, cuma hari ini aja kok dungaren gak meriksa,” katanya.

Karena aksi pencurian itu, dirinya mengaku kehilangan sejumlah barang dengan total kerugian Rp 50 juta. “Ada kamera, ada perhiasan, uang pecahan baru dengan total 50 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota AKP Teddy Triandani hingga berita ini ditulis belum memberi penjelasan atas kasus ini. Hanya, tim Inafis sudah lebih awal melakukan olah TKP aksi pencurian tersebut. (rul/iwy)


Bagikan Artikel