Hukum & Kriminal

Berdalih Mengobati, Coba Memperkosa, Ditangkap


PAITON – Polsek Paiton berhasil meringkus Abdul Halil (29), warga Desa Pondok Kelor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (31/10). Ia diamankan lantaran melakukan tindak pidana percobaan pemerkosaan terhadap seorang perempuan berinisal YA (34), asal Kabupaten Gresik.

Kapolsek Paiton Iptu Masykur Anshori mengatakan, penangkapan itu dilakukan ketika pelaku dihubungi korban untuk datang ke salah satu hotel di Paiton. Saat itulah pelaku langsung diringkus pihak kepolisian. “Pelaku langsung dibawa ke mapolsek, sesuai dengan laporan yang sampaikan oleh korban,” katanya, Rabu (3/11).

Iptu Masykur menceritakan, percobaan pemerkosaan itu terjadi pada Jumat (22/10). Kala itu, korban YA sedang bersilaturrahim ke rumah SM, warga Kecamatan Paiton. YA bercerita kalau dirinya sering mengalami gangguan mahluk halus.

SM langsung menyarankan YA untuk mandi di laut. Dengan ditemani FN, YA berangkat menuju pantai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, pada Sabtu (30/10), sekitar pukul 18.30 WIB.   “Sesampai di pantai mereka melakukan ritual itu. Mereka nyemplung ke laut bersama-sama,” ujar Masykur.

Kebetulan, pelaku Abdul Halim berada di sana dan mendengar seluruh perbincangan mereka terkait penyakit YA. Alhasil pelaku langsung menawarkan diri untuk mengobati YA, tetapi dengan catatan harus diobati ditempat sepi.

YA menyetujui syarat itu. Lantas YA dan pelaku langsung menuju tempat sepi di sekitar lokasi. Namun sesampai di lokasi yang gelap, pelaku justru membuka baju YA, dan menciumi bagian dada YA. Pelaku juga memaksa membuka celananya. “Spontan korban langsung menampar pelaku dan segera beranjak pergi dari tempat itu,” ucapnya.

Kejadian itu langsung dilaporkan ke Polsek Paiton, hingga akhirnya pelaku ditangkap. Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 289 sub 285 jo 53 KUHP, dengan ancaman pidana selama 9 tahun. (yek/iwy)


Bagikan Artikel