Hukum & Kriminal

Congkel Kotak Amal, Dimassa


TONGAS – Tosan (51), warga Desa Palesanggar, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, dihajar massa di Probolinggo. Pasalnya, pria tersebut kedapatan mencongkel kotak amal Masjid Nurul Huda di Desa Semendi, Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Kamis (9/9) pagi.

Mustofa, salah satu warga setempat mengatakan, Tosan datang ke rumah ibadah itu sekitar pukul 05.00. Tosan datang dengan mengendarai sepeda motor matik. Tetapi, bukannya salat Subuh, Tosan malah menuju kotak amal di teras masjid.

“Pelaku menuju kotak amal yang ada di teras masjid dan langsung mencongkel gembok. Saat itu, masjid sudah sepi. Tetapi aksinya diketahui warga yang langsung meneriaki maling,” katanya.

Mendengar teriakan warga, pelaku langsung kabur. Namun, akhirnya pelaku tertangkap tak jauh dari lokasi. Warga yang kadung emosi, langsung menghajar dan membakar sepeda motor pelaku. Dari tangan pelaku, ada uang sekitar Rp 4 juta.

“Warga emosi karena pelaku berani berbuat dosa di rumah ibadah, ya langsung dihajar. Warga juga membakar motor pelaku. Di masjid ini sudah 2 kali terjadi pencurian kotak amal. Dari keterangannya, pelaku juga mencuri kotak amal di masjid desa sebelah,” terangnya.

Tak lama kemudian, datang anggota Koramil dan Polsek Tongas. Petugas mengevakuasi pelaku yang sudah babak belur. Aparat juga melakukan olah TKP dan memeriksa CCTV dari masjid lain.

“Pelaku merupakan orang yang sama dengan pencuri kotak amal masjid yang beberapa waktu lalu terekam CCTV. Pelaku sudah mengaku saat diinterogasi penyidik. Saat ini, penyidikan lebih dalam untuk pengembangan kasus,” kata Kapolsek Tongas Iptu Gendut Wijayanto.

Sementara, sepeda motor pelaku yang dibakar massa, berikut kotak amal masjid disita polisi untuk kepentingan penyidikan. Selanjutnya, petugas mengembangkan kasus pencurian kotak amal masjid itu. Sebab ada kasus serupa di beberapa TKP. (rul/iwy)


Bagikan Artikel