Hukum & Kriminal

Bersarung, Gondol Kotak Amal


PROBOLINGGO – Sebuah kotak amal di Masjid Baiturrohma, Desa Kedungsupit, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, amblas. Kotak amal berisi uang sekira Rp 700 ribu itu dicolong pelaku bersarung, Rabu (1/9) pagi lalu. Pencurian tersebut terekam Closed Circuit Television (CCTV).

Dalam rekaman CCTV itu, pelaku berlagak layaknya orang yang akan beribadah. Ciri-ciri pelaku memakai peci, bersarung, berkulit coklat sawo dan mengemudikan sepeda motor Honda Beat berwarna biru.

Saat melakukan aksinya, pelaku mengeluarkan sebuah benda untuk membobol kotak amal yang terletak di dalam masjid. Setelah berhasil dibuka, pelaku berjalan santai menuju arah utara dan kemudian langsung mengemudikan sepeda motornya.

Takmir masjid Muhammad Adam (20) membenarkan insiden pencurian tersebut. “Sadarnya ketika mengecek CCTV jam 19.00 WIB,” jelasnya, kemarin (7/9).

Ia mengatakan, uang yang dibobol itu merupakan hasil iuran para jamaah attijani yang mengaji setiap Jumat. Hasil iuran itu biasanya digunakan untuk membeli barang kebutuhan jamaah.

Menurutnya, pencurian kotak amal sudah kedua kali terjadi di masjid tersebut. Pencurian pertama terjadi 2018. Selain itu, Adam menyebutkan bahwa berdasar informasi yang dihimpunnya, pencurian kotak amal ini juga terjadi di 6 lokasi. ” Ada yang di Kecamatan Leces dan ada yang di Kecamatan Sumberasih,” paparnya.

Namun hingga kemarin, takmir Masjid Baiturrohma belum melapor ke kepolisian atas kasus hilangnya uang di kotak amal tersebut. “Tapi ada perangkat desa yang sudah datang kesini,” beber Adam. (rul/iwy)


Bagikan Artikel