Hukum & Kriminal

Tembok Dibobol, Sepeda Pancal Rp 9 Juta Dicuri


PROBOLINGGO – Aksi pencurian terjadi di Perumahan Kurnia, Jalan Serayu, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Korbannya adalah Malinda Bulgis (33). Tembok rumahnya dibobol, dan sepeda pancal miliknya seharga Rp 9 juta disikat maling. 

Peristiwa pencurian itu diperkirakan terjadi Selasa (31/8) sore. Korban yang baru pulang dari tempat kerjanya di Dinas Koperasi Usaha Mikro Pedgangan dan Perindustrian (DKUPP) mendapati tembok belakang rumahnya sudah bolong dibobol maling.

Seharian rumahnya dalam keadaan kosong. Saat kejadian, Malinda dan suaminya sama bekerja di tempat berbeda.

Saat dikonfirmasi kemarin (1/9), Malinda mengaku sepulang dari kantornya pada Selasa sore lalu, ia langsung dibuat terkejut. Begitu membuka pintu depan, ia melihat tembok rumahnya sudah bobol. Karena sendirian, ia takut dan tidak jadi masuk ke rumahnya. Malinda meminta, bantuan tetangganya.

Saat dilihat, ternyata sepeda gunung miliknya seharga Rp 9 juta yang ditaruh di dekat ruang shalat, sudah tidak ada di tempat. Malinda menyebut pelaku masuk rumahnya dengan cara membobol dinding belakang. “Keluarnya juga lewat tembok yang dibobol itu,” ujarnya.

Malinda kemudian melaporkan kejadian ini kepada polisi melalui telepon. “Polisi langsung ke sini dan melakukan olah TKP,” katanya.

Ia menduga, pelaku mengetahui situasi di rumahnya. Saat ditanya apakah pelaku sama dengan orang yang mencuri laptop dan uang Rp 800 ribu sebelumnya, Malinda mengaku memiliki dugaan seperti itu. “Sepertinya orang yang pernah mencuri uang dan laptop saya dulu itu. Kan sudah keluar dari penjara,” tambahnya.

Menurut Malinda, rumahnya sekitar satu tahun lalu pernah disatroni maling dua kali. Pertama, mengambil uang Rp 800 ribu. Kedua, mencuri laptop. Beberapa hari kemudian, pelaku berhasil diamankan petugas dan diproses hukum. Pelakunya adalah seorang pria yang berjualan keliling di perumahan.         

“Mudah-mudahan cepet ketangkap pelakunya. Seperti yang mencuri uang dan laptop saya. Kejadiannya siang bolong,” kata Malinda. (gus/iwy)


Bagikan Artikel