Hukum & Kriminal

Curi Motor dan Sikat Isi Dompet


PROBOLINGGO – Tindak pencurian sepeda motor sedang marak terjadi di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Dalam dua pekan, sampai ada 4 sepeda motor yang raib dimaling. Salah satunya adalah pencurian sepeda motor milik Muhammad Effendi (37).

            Tidak hanya sepeda motor matik yang dimaling, pelaku yang diperkirakan terdiri atas 2 orang tersebut juga membawa kabur uang sebanyak Rp 5,7 juta.

Muhammad Effendi merupakan warga Jalan Lawu, Gang Sukun, Kelurahan Ketapang, Kota Probolinggo. Saat dikonfirmasi pada Selasa (31/8) siang, Effendi menyebutkan bahwa sepeda motor matik Honda Beat miliknya diparkir di ruang belakang. Motor itu dibawa kabur pencuri pada Rabu (25/8) lalu.

Ternyata pelaku juga menggasak uang miliknya Rp 5,7 juta yang disimpan di dompet celananya. Padahal, itu merupakan uang panjar atau uang muka pembelian sepeda motor miliknya. “Awalnya uang itu Rp 7 juta. Sebagian saya kasih ke bapak. Sisa Rp 5,7 juta,” terang  pria yang bekerja jual-beli sepeda motor bekas itu.

Menurutnya, pelaku yang disebutkan ada 2 orang itu masuk ruang belakang dengan cara mencongkel jendela. Selain mengambil sepeda motor, pelaku juga mengambil uang di celana Effendi. “Saya taruh di dompet. Uangnya saja yang diambil, dompetnya enggak,” katanya.

Diperkirakan, pelaku beraksi sekitar pukul 04.00, beberapa saat setelah Effendi bubar nyangkruk. Sepeda motor berwarna biru-putih miliknya baru diketahui hilang saat istri Effendi  masuk dapur. “Istri saya yang tahu. Bangun subuh dan langsung ke dapur. Sekitar pukul 04.30,” ujarnya.

Effendi menduga, pelaku sudah mengetahui situasi rumahnya. Sebelum beraksi, pelaku sempat mengintip di jendela kamar depan. “Adik saya kelihatan tangannya. Kan dia tidur di kamar depan. Dikira bukan pelaku,” tuturnya.

Pelaku yang membawa kabur Honda Beat bernopol N 6818 SV dan uang Rp 5,7 juta itu bertubuh agak pendek, kurus dan berambut panjang. Sosok itu mirip dengan pencuri di tempat lain yang sempat terekam CCTV. Korban kemudian memperlihatkan rekaman CCTV yang dimaksud. “Kata adik , pelaku mirip dengan yang ada di rekaman ini,” kata Effendi lagi. 

Saat ditanya apakah sudah melapor ke kepolisian, Effendi menjawab belum. Sebab, Effendi masih berusaha menemukan sendiri sepeda motor tersebut. “Harapan kami, ya ketemu. Belum, belum melapor. Masih kami cari sendiri,” katanya. 

Ternyata, kasus pencurian di wilayah Kelurahan Ketapang memang sedang marak. Selain sepeda motor dan uang milik Effendi, dalam 2 minggu terakhir juga ada 3 warga setempat kemalingan. Bahkan, sepeda angin milik Lurah Ketapang Faruk juga hilang. Berikutnya sepeda motor milik pengusaha catering pun disikat maling. (gus/iwy)


Bagikan Artikel