Hukum & Kriminal

Poligami Liar, Istri Gugat Suami


KRAKSAAN – Meski Pengadilan Agama (PA) Kraksaan sempat lockdown, permohonan perceraian tetap tinggi. Penyebab perceraian masih didominasi oleh faktor ekonomi. Namun, baru-baru ini PA memutus cerai yang disebabkan pihak suami melakukan poligami.

Panitera Muda (Panmud) Hukum PA Kraksaan Syafiudin mengatakan, kasus tersebut bermula ketika pihak istri menyadari suaminya memiliki istri simpanan. Mengetahui hal itu, si istri langsung mengajukan gugat cerai.

Dijelaskan, gugat cerai yang disebabkan adanya poligami liar ini merupakan yang pertama kalinya di PA setempat selama kurang lebih 2 tahun terakhir. Sayangnya, ia enggan membeberkan identitas yang berperkara tersebut, lantaran hal ini merupakan privasi pribadi yang bersangkutan.

“Beberapa hari yang lalu sudah kami putus. Faktornya karena suaminya berpoligami liar, tidak resmi, atau dengan kata lain nikah sirri,” kata Syafiudin, Rabu (11/8).

Dengan hal ini, ia berharap masyarakat bisa mendapatkan pelajaran dari kasus tersebut. Sehingga nantinya tidak ada lagi kasus poligami yang justru menyebabkan perceraian.

“Kalau mengurus izin poligaminya kan enak, tidak perlu cerai dengan istri pertamanya. Yang sangat kasihan kalau sudah terjadi kan anaknya,” ujarnya.

Bahkan menurutnya, kasus poligami liar dapat merugikan pihak suami jika istrinya melakukan tuntutan. Sebab, berpoligami tanpa adanya izin istri yang pertama sudah merupakan ranah pidana. Dan ancamannya bisa mencapai 5 tahun.

“Ancaman hukuman untuk poligami liar ini sudah jelas di pasal 279 dalam KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, red),” terangnya.

Namun untuk kasus ini, ia menegaskan bahwa pihak istri sudah tidak bisa lagi melakukan tuntutan pidana. Pasalnya, perkara cerainya sudah tuntas dengan adanya putusan dari pihaknya.

“Sudah tidak bisa, kecuali dia (istri, red) menggugat sebelum cerai. Karena saat ini yang bersangkutan sudah bukan istrinya lagi,” paparnya.

Meski begitu, Syafiudin mengatakan, yang bersangkutan tetap bisa mengajukan gugatan untuk perkara harta gono-gini. “Kalau gono-gini masih bisa, tapi kami masih belum menerima berkas pengajuannya,” ucapnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel