Ekonomi

Expo NU Kraksaan, Berdayakan Ekonomi Umat


PROBOLINGGO – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan melakukan upaya pemberdayaan ekonomi umat melalui kegiatan Expo NU yang digelar di Alun-alun Kraksaan, Sabtu (18/2).

Kegiatan Expo NU dalam rangka memperingati 1 Abad NU itu digelar PCNU Kota Kraksaan selama lima hari, yakni dari tanggal 18 hingga 23 Februari 2023 mendatang.

Dari data Koran Pantura, terdapat 60 stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di dalam area kegiatan Expo NU yang berpusat di Alun-alun Kota Kraksaan.

Ketua PCNU Kota Kraksaan, Achmad Muzammil mengatakan, Expo NU yang digelar selama lima hari itu sebagai upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi warga Nahdliyin.

Kiai Muzammil menerangkan, NU memiliki tugas menjaga agama, umat, dan negara. Expo NU menurutnya adalah merupakan bagian dari tugas untuk menjaga umat dari sisi ekonomi.

“Karena ini adalah bagian dari program untuk memberdayakan ekonomi umat. Maka kami berharap kegiatan Expo NU bisa dapat meningkatkan ekonomi warga Nahdliyin,” terang Kiai Muzammil.

Diketahui, kegiatan Expo NU bersamaan dengan Kirab Panji dan Jalan Sehat yang dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas.

Dalam kesempatan itu, Zulhas mengatakan, masuk pada Abad ke-2 NU, pihaknya menginginkan, Nahdlatul Ulama terus menggalakkan program pemberdayaan ekonomi.

Jika pada abad ke-1 perjuangan, kata Zulhas, maka Abad ke-2 NU membangun ekonomi. Hal itu harus dilakukan agar warga Nahdliyin bisa makmur dan sejahtera.

“Tentu harus dibangun ekosistemnya dengan pembinaan UMKM, sambung dengan ritel modern, sambung dengan lembaga keuangan, dan tentu harus didorong masuk ke pasar digital,” pungkas Zulhas. (ar/ra)


Bagikan Artikel