Ekonomi

Jelang Lebaran, Bawang Merah Langsung Mahal


PROBOLINGGO – Jelang lebaran Ramadhan 1443 Hijriyah, harga komoditas bawang merah di kabupaten Probolinggo naik harga secara signifikan. Kenaikan harga tersebut telah dirasakan sejak pertengahan bulan Ramadhan lalu.

Berdasarkan pantauan Koran Pantura di sentra pasar bawang Dringu Kabupaten Probolinggo, Selasa (26/4). Harga bawang merah untuk kualitas super telah menembus kisaran harga Rp 30.000/Kg. Sedangkan untuk harga bawang ukuran kecil berada dikisaran harga Rp 11.000/Kg, Bawang ukuran sedang dikisaran harga Rp 18.000/Kg, ukuran tanggung besar di kisaran Rp 22.000, dan Bawang ukuran besar dikisaran harga Rp 26.000/Kg.

Kepala UPT Pasar Bawang Dringu Sutaman mengungkapkan, kenaikan harga bawang merah tersebut. Terjadi akibat meningkatkan permintaan pasar yang terus meningkat jelang lebaran. Baik permintaan pedagang atau konsumen dari dalam dan luar kota meningkat secara signifikan.

“Puluhan ton bawang merah keluar masuk pasar bawang Dringu saat ini jelang lebaran. Stok yanga da di gudang kami pun tersedia hanya sekitar 98 ton saja,” ungkapnya, Selasa (26/4).

Dijelaskannya, kebaikan harga bawang merah ini. Merupakan hal yang lumrah terjadi jelang lebaran. Pasalnya kebutuhan akan bawang merah sebagai bumbu masak, maupun untuk bahan pakan lainnya turut meningkat.

“Sehingga cukup wajar kalau harga bawang merah saat ini naik. Karena memang kebutuhan pasar juga meningkat. Sedangkan untuk pasokan bawang merah dari petani dapat dikatakan cukup,” jelasnya.

Dikatakannya, bahwa saat ini baik petani dan pedagang bawang merah di kabupaten Probolinggo. Dapat dikatakan boleh tersenyum lebar dengan harga bawang yang ada saat ini. Terlebih selama beberapa bulan kebelakang mereka sempat terpuruk dengan rendahnya harga bawang merah dipasaran.

“Dapat dikatakan petani dan pedagang bawang merah saat ini bisa mendapatkan hasil dari kerja keras mereka. Tapi tidak tahu lagi seusai lebaran nanti apakah harga bawang merah akan tetap masih tinggi atau tidak,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel