Ekonomi

Tetap Ada BLT DD Tahun Ini


PROBOLINGGO – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk warga terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, masih bergulir. Tahun ini, bantuan tersebut akan kembali dikucurkan sesuai keputusan pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Perencanaan dan Evaluasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Farhan Hidayat, Selasa (25/1). Ia menyatakan, bantuan tersebut masih tetap dilanjutkan hingga tahun ini.

Untuk besaran angka bantuan yang akan disalurkan pada setiap warga, lanjutnya, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu Rp 300 ribu setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal itu sesuai dengan Pasal 33 ayat (5) PMK 190 Tahun 2021, disebutkan, bahwa besaran BLT Dana Desa 2022 ditetapkan sebesar Rp.300 ribu.

“Berdasarkan dari peraturan tetap bantuan akan disalurkan hingga saat ini. Besarannya pun sama seperti tahun sebelumnya,” paparnya.

Ia menambahkan, jumlah KPM yang nantinya akan menerima bantuan tersebut belum dipastikan. Diperkirakan pada tahun ini akan ada perubahan KPM tersebut sesuai regulasi yang telah diatur oleh pemerintah pusat.

Namun pihaknya belum bisa memastikan, imbuhnya, penerima bantuan tersebut bakal bertambah banyak atau sebaliknya. Hingga saat ini pihaknya masih dalam tahap rekapitulasi penerima tersebut.

“Kami masih melakukan rekap untuk penerima itu. Kemungkinan akan bertambah dan lebih banyak dari pada tahun sebelumnya,” papar Farhan.

BLT DD untuk warga terdampak pandemi covid-19 di Kabupaten Probolinggo masih dalam proses kajian oleh pihak pemerintah setempat. Dalam waktu dekat bantuan akan segera dikucurkan. (yek/iwy)


Bagikan Artikel