Ekonomi

Walikota Warning soal Sampah


PROBOLINGGO – Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mewarning bawahannya terkait permasalahan sampah. Salah satunya di Kecamatan Mayangan.

“Saya tunggu implementasi nyata dari wilayah Kelurahan Mangunharjo ini. Harus ada perubahan, ya!” tegas Walikota Hadi saat membuka Sosialisasi Mitigasi Bencana Akibat Pembuangan Sampah Sembarangan di Kelurahan Mangunharjo, Kamis (21/10).

Apa yang disampaikan Walikota itu cukup beralasan. Pasalnya, pengelolaan sampah adalah suatu kewajiban dan tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab antara pemerintah dan masyarakat.

Ia pun mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak Kecamatan Mayangan dalam menyelenggarakan giat sosialisasi untuk ratusan peserta yang berasal dari warga Kelurahan Mangunharjo itu. Walikota mengatakan, mendekati musim penghujan, sampah-sampah yang terlihat di setiap sudut wilayah setempat rawan menimbulkan banjir yang dampaknya akan dirasakan oleh warga.

Oleh karena itu, Walikota mengimbau warga untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan, dengan bekerja sama membersihkan lingkungan sekitar. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena tanpa ada kebersamaan, mustahil kita bisa mengatasi semuanya,” katanya.

Walikota Hadi menyampaikan, masalah serius terkait sampah bisa dipecahkan dengan baik. Hal itu bisa dilakukan apabila peran aktif masyarakatnya meningkat. Dari keaktifan partisipasi itulah nantinya timbul mekanisme cara pembuangan sampah yang baik, mulai dari lingkungan rumah tangga hingga ke TPS. “Sosialisasi ini tak cukup hanya di ruangan ini saja. Minimal, informasi dari sosialisasi ini bisa tersampaikan ke masyarakat di sekitar anda sekalian,” ucapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana dapat terkondisikan dengan optimal. Dalam artian, masyarakat dapat lebih menyadari arti penting penanggulangan bencana sejak dini dan dimulai dengan langkah yang sederhana, dengan tidak membuang sampah sembarangan ke badan sungai yang tentunya dapat menyebabkan banjir.

Adapun giat yang dimulai sekira pukul 08.30 itu bertujuan untuk mengedukasi dan membangun komitmen bersama terkait ketangguhan terhadap bencana pada masyarakat dan pemangku kepentingan di Kecamatan Mayangan. Terutama permasalahan sampah di Kelurahan Mangunharjo yang perlu mendapat perhatian bersama.

Sosialisasi Mitigasi Bencana Akibat Pembuangan Sampah Sembarangan di Kelurahan Mangunharjo, rencananya akan selesai hari ini. Dalam giat ini kemarin hadir Camat Mayangan M. Abbas, Lurah Mangunharjo Hari Setyo Yani dan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Probolinggo. (rul/iwy)


Bagikan Artikel