Ekonomi

Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik Signifikan


PROBOLINGGO – PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax Turbo dari Rp 9.850 per liter menjadi Rp 12.300 per liter. Tak hanya itu, harga Pertamina Dex pun naik dari Rp 10.200 per liter menjadi Rp 11.150 per liter.

Section Head Communication Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi membagikan pengumuman itu dalam sebuah pers rilis online. Dijelaskan, harga Pertamax Turbo naik sesuai dengan aturan pemerintah.

Keputusan harga Pertamax Turbo dan Pertamax Dex naik sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

“PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum,” ujar Ahad dalam rilisnya.

Beberapa wilayah yang menggunakan harga Pertamax Turbo Rp 12.300 per liter adalah Provinsi Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB. Selain daerah itu, harga Pertamax Turbo dipatok ditetapkan pada harga Rp 12.500 dan Rp 12.700 per liter.

Harga Pertamina Dex naik dari Rp 10.200 menjadi Rp 11.150 terjadi di wilayah yang sama seperti di wilayah dengan harga Pertamina Turbo Rp 12.300. Pada daerah lain, harga Pertamina Dex ditetapkan sebesar Rp 11.350 dan Rp 11.550. Sementara itu, harga BBM lain seperti Pertamax, Pertalite, dan Dexlite masih tetap sama. Sementara itu, Deden salah satu warga Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo menyayangkan keputusan itu. “Padahal sudah senang ada pertamax turbo di SPBU Kebon Agung Kraksaan. Tapi kabarnya naik. Pantes dinyatakan habis terus beberapa hari terakhir, biasanya mau naik harga kalau begitu,” ujarnya. (ra/iwy)


Bagikan Artikel