Desa Kita

Pemerintah Desa Kregenan Wujudkan Infrastruktur Terbaik


PEMERINTAH Desa Kregenan saat ini dipimpin Kades Abd. Rahman. Dia duduk di kantornya sejak 14 April 2022. Kades Rahman berkomitmen membangun infrastruktur terbaik di desanya, yang fokusnya di pertanian. Ada sejumlah realisasi pembangunan saat ini yang akan dilanjutkan pada kepemimpinannya.

Menurut Kades Rahman, pembangunan di tahun 2022 yang sudah dilaksanakan yakni jalan usaha tani di Dusun Nangger 1 sepanjang 500 meter x 3 meter. “Jalan itu dikeraskan dengan aspal lapen, demi mendukung pekerjaan petani,” katanya. Dengan dibangunnya jalan itu kendaraan angkut komoditas tani bisa leluasa berlalu lintas.

Selain itu ada bantuan jamban pribadi 10 unit di semua dusun, bedah rumah program RTLH 1 unit di Dusun Nangger 2. “Rencana DD tahap 2, akan dibangun jembatan usaha tani dari beton ukuran 3 meter x 4 meter Dusun Karangtikung,” jelasnya.

Pembangunan lainnya berupa pemberdayaan masyarakat seperti PKK dan Posyandu. Dalam kegiatan Posyandu ada pemberian makanan tambahan. Kemudian akan dilaksana pemberdayaan budidaya ikan untuk ketahanan pangan.

Pulihkan Ekonomi, Berdayakan Masyarakat

BAGI Kepala Desa Kregenan Abd. Rahman, saat ini harus membangun ekonomi di masa pandemi Covid-19. Pembangunan ekonomi juga harus berjalan beriringan dengan pemberdayaan masyarakat.

Maka untuk membangun perekonomian, pihak desa menyalurkan BLT DD kepada 164 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). “Walaupun jumlah penerima menurun dari tahun sebelumnya yang 194 KPM, tapi jumlah 164 KPM itu diharap terstimulan untuk bangkit ekonominya di masa pandemi,” kata Kades Rahman.

Dia melanjutkan, sejauh ini BLT DD sudah cair 3 bulan, yakni Januari, Februari dan Maret dengan total uang Rp 900 ribu per KPM.

Kades Rahman kembali menjelaskan, untuk melindungi masyarakat dari dampak pandemi, pemdes telah menganggarkan untuk PPKM Mikro dan fasilitasi vaksinasi.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, segera dilaksanakan pembentukan lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Pemuda (LPP). Hal ini memang sudah biasa dilakukan, akibat adanya perubahan pimpinan yakni dilantiknya kepala desa baru.

Fokus Membangun Bidang Pertanian

KADES Abd. Rahman dilantik pada 13 April 2022. Dia menyadari betul potensi desa yang dipimpinnya di bidang pertanian. Maka dalam pemerintahannya, Kades Rahman ingin mewujudkan desa yang maju dari komoditas tani.

“Profesi saya sebelumnya memang petani. Saat pemilihan kades ada 3 orang calon.  Alhamdulillah dipercaya rakyat, sehingga bisa menang dari 2 calon lainnya,” ujar Kades Rahman. Maka, dia akan berusaha menjaga amanah tersebut melalui kinerjanya ke depan.

“Visi Misi kami memajukan desa mensejahterakan masyarakat dengan asas keadilan sosial,” kata Kades Rahman. Menurutnya di masa ini perlu ada perubahan. Dalam 6 tahun ke depan infrastruktur pendukung pertanian dan perbaikan sistem pertanian akan dikerjakan.

“Wujudnya yang paling utama, pembangunan dan perbaikan saluran irigasi, kemudian jalan akses pertanian. Jika memungkinkan ada bantuan alsintan, juga bantuan permodalan tani,” jelasnya. Gagasan itu dilanjutkan dengan membukakan pasar bagi komoditas pertanian di Desa Kregenan. Bukan tidak mungkin secara bertahap akan naik level pasarnya menjadi skala ekspor. (ra/iwy)


Bagikan Artikel