Desa Kita

Majukan Desa Kandangjati Wetan melalui Infrastruktur Mantap


KEPALA Desa Kandangjati Wetan Hj Ainul Lukluk saat ini berkiprah penuh di tahun 2022. Sebelumnya dia dilantik pada Agustus 2021 lalu. Maka di tahun kedua kepemimpinannya dia fokus membangun infrastruktur yang mantap untuk memajukan desa.

Menurutnya, pembangunan di tahun 2022 yang sudah dilakukan berupa perbaikan gorong saluran drainase di Dusun Krajan. Kemudian ada pelebaran jalan di perbatasan Dusun Krajan dan Kramat.

“Kami juga melaksanakan pengurukan jalan selebar 3 meter. Jalan itu merupakan jalan baru awalnya jalan setapak. Dan satu paket dengan pembangunan jembatan sekitar 4 meter lebarnya di Dusun Kramat,” ujar Kades yang biasa disapa Luluk itu.

Alasan dibangunnya jalan, karena banyak jalan tembus antar RT/RW yang masih berupa tanah. Maka secara bertahap dibangun dengan anggaran Dana Desa (DD). “Kami percaya pembangunan jalan akan memberikan efek ganda peningkatan ekonomi,” paparnya.

Ada juga perbaikan irigasi di Dusun Kramat. Pembangunan ini bersifat urgent sesuai amanat pemerintah pusat dan daerah, untuk meningkatkan produksi pertanian dalam program ketahanan pangan.

“Sebelumnya ada perbaikan saluran irigasi secara swadaya karena ada kebocoran, namun tidak maksimal. Akhirnya bisa diperbaiki tahun ini dari dana desa,” ujar Kades Luluk. Setelah ini pihak desa juga akan melakukan pembangunan jalan paving dan rabat beton. Rabat beton dikhususkan untuk jalan akses pertanian karena sifat rabat beton yang stabil tidak mudah bergeser.

Salurkan BLT DD, Wujudkan Ketahanan Pangan

KEPALA Desa Kandangjati Wetan Hj Ainul Lukluk berusaha memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 saat ini. Maka terus dilaksanakan penyaluran BLT DD dan juga dilaksanakan program ketahanan pangan.

Dia menceritakan jumlah penerima BLT DD ada penurunan. Kini sebanyak 111 KPM. Padahal awalnya 183 KPM di tahun 2020, lalu turun ke 157 di tahun 2021 lalu ke 111 di tahun 2022.

Kebijakan ini karena ada warga yang menerima bantuan jenis lain sehingga tidak lagi menerima BLT DD. “Pemdes berusaha semaksimal mungkin memulihkan ekonomi melaui program penyaluran BLT DD ini,” katanya.

Upaya lainnya dalam memulihkan ekonomi dengan melaksanakan program ketahanan pangan. Caranya dengan menggenjot produksi pertanian. “Potensi komoditas tani di Kandangjati Wetan adalah jagung, padi, dan tembakau. Jadi mayoritas itu yang ada, maka tinggal itu saja yang dioptimalkan,” katanya.

Wujudnya didasarkan aspirasi masyarakat, yakni dengan diperbaikinya saluran irigasi agar pertumbuhan tanaman bisa ditingkatkan. “Desa ini baru 1 kali siklus padi. Diharapkan ke depannya dengan perbaikan irigasi bisa 2 siklus tanam padi,” tuturnya.

Ingin Wujudkan Desa Berkeadilan Sosial

KADES Hj Ainul Lukluk dilantik pada Agustus 2021. Dia adalah ibu rumah tangga, namun sudah pernah berkiprah sebagai ketua TP PKK Kandangjati Wetan. Saat itu, suaminya, Satrumin, menjabat kades periode 2007 sampai 2013. Maka aspirasi masyarakat bawah sudah dihafalkannya.

Visi misi Kades Luluk ialah ingin mensejahterakan masyarakat dalam lingkup keadilan sosial. Terutama menjadikan Kandangjati Wetan lebih baik lagi ke depannya. Hal ini mulai ia maksimalkan di tahun 2022 dia menjabat.

 “Insha Allah masyarakat telah memahami dan mengetahui secara langsung kinerja saya saat menjadi TP PKK desa. Namun yang pasti faktor pelayanan pada warga menjadi salah satu program prioritas,” ujar Luluk.

Dia berkomitmen menata kembali administrasi desa, guna meneruskan gerak laju pembangunan. “Ada titik dan poin tertentu yang perlu mendapat perhatian serius, dan semua mengarah pemberian jatah kesejahteraan dan pelayanan pada masyarakat desa ini,” ungkap Kades Luluk. (ra/iwy)


Bagikan Artikel