Desa Kita

Pemerintah Desa Pesawahan Bantu Perekonomian Warga lewat BLT DD


PANDEMI Covid-19 telah berdampak kepada seluruh sendiri masyarakat. Tak terkecuali bagi warga Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Banyak diantara warga yang kehilangan pekerjaan atau mata pencahariannya akibat lesunya perekonomian.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Desa Persawahan kecamatan Tiris di bawah nakhoda Kades Supyan, langsung bergegas menginstruksikan adanya program bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT DD).

Tercatat ada 196 warga desa Pesawahan yang terdaftar sebagai penerima manfaat program BLT DD. Ratusan warga itu pun terpilih sebagai penerima BLT DD melalui mekanisme atau seleksi yang sangat ketat.

“Para penerima program BLT DD itu merupakan warga terdampak pandemi Covid-19. Data mereka ada di luar data penerima BPNT maupun PKH. Sehingga tidak sampai ada yang dobel dalam penerimaan bansos,” ujar Kades Supyan.

Lebih lanjut, Kades Supyan menyebutkan jika bansos BLT DD itu menyerap lebih dari anggaran Dana Desa (DD) dalam satu tahun anggaran. Terlebih adanya kewajiban dari pemerintah pusat untuk mengalikasikan DD senilai 60 persennya untuk BLT DD.

“Kami taati aturan tersebut. Alhamdulillah warga bisa sedikit bernafas lega dengan adanya bansos itu. Meski dampaknya tak banyak pembangunan sarana dan prasarana yang bisa dilakukan tahun ini,” pungkasnya.

Tetap Bangun Desa Meski Pandemi

PEMERINTAH Desa Pesawahan terus berupaya maksimal untuk tetap menjalankan kewajibannya dalam memenuhi pembangunan infrastruktur di desanya. Meskipun pandemi Covid-19 telah menggerus banyak anggaran dana desa (DD) untuk program BLT DD, namun pemerintah Desa Pesawahan di bawah kepemimpinan Kades Supyan tetap mampu menyisihkan anggarannya untuk pembangunan fisik desa.

Adapun pembangunan fisik yang mulai direalisasikan yakni; pembangunan jalan rabat di dusun Bangsal RT. 06, dan pembangunan jalan rabat lainnya di dusun Krajan RT. 09 dan RT. 10 sampai RT. 11.

“Untuk ketiga proyek itu, kini tengah kami mulai pembangunannya, seiring dengan telah cairnya dana desa yang ada,” ujar Kades Supyan.

Di tahap II pun pemerintah Desa Pesawahan, kata Kades Supyan, akan kembali melanjutkan pembangunan fisik yakni; peningkatan jalan rabat di dusun Sumanbito, Bangsal, dan Krajan. “Panjangnya bervariasi, dan saya tidak hafal. Tapi yang jelas panjangnya ratusan meter,” katanya.

Disampaikannya bahwa pembangunan jalan rabat beton itu merupakan salah satu upaya untuk memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat. Karena menurutnya, dengan jalan yang layak,maka ekonomi desa akan terangkat.”Semoga kami bisa terus berbuat yang terbaik bagi warga desa kami ini dan menuntaskan amanah yang kami emban ini dengan selalu istikamah,” pungkasnya.

Berikan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat Desa

PEMERINTAH Desa Pesawahan sangat peduli dengan kesehatan masyarakatnya. Tak heran jika kegiatan penanganan pandemi Covid-19 seperti giat vaksinasi berjalan lancar di desa ini. Dibuktikan dengan capaian vaksinasi tahap I dan II yang sudah diatas 70 persen.

“Vaksinasi adalah benteng kedua setelah ketaatan terhadap protokol kesehatan. Sehingga itu untuk memastikan warga kami tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19, maka kami gencarkan kegiatan vaksinasi itu,” ujar Kades Pesawahan Supyan.

Ditambahkannya, selain vaksinasi, kegiatan lainnya seperti posyandu dan peningkatan gizi bagi lansia dan balita terus digencarkan pula. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya gizi buruk di masyarakat.

“Kami tidak menginginkan adanya warga kami yang mengalami gizi buruk. Sehingga pengawasan dan pendataan bagi para balita dan lansia terus kami lakukan secara berkala. Tujuannya agar tidak ada yang terlewatkan dalam hal pemenuhan hak gizi mereka,” imbuhnya.

Tak lupa, Kades Supyan mengatakan jika program kesehatan masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari program unggulannya kepada masyarakat. Tujuannya yakni memastikan warga Desa Pesawahan selalu dalam kondisi sehat. Selain sehat, pastinya juga kami selalu berupaya mengamankan wilayah desa kami ini agar tidak terjadi gangguan kamtibmas,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel