Desa Kita

Desa Segaran Membangun Infrastruktur untuk Kemaslahatan Warga


FIGUR Pj Kepala Desa Segaran Imam Sukardi berusa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Sebagai abdi negara yang dipercaya mengemban amanat sebagai kepala desa, dia merealisasikan beberapa infrastruktur.

“Pembangunan tahap 1 di tahun 2022 yakni di Dusun Andungminian berupa plengsengan penahan tebing sepanjang 23 meter dan tingginya kurang lebih 3,5 meter. Yang dikuatkan berupa jalan. Jadi untuk mencegah longsor. Jalan itu menghubungkan Kedungkokab,” ujar Imam Sukardi mengawali cerita.

Selain itu ada pembangunan jalan rabat beton di Dusun Gudang sepanjang  50 meter dan lebar 2 meter  menghubungkan. Juga ada rencana pembangunan jalan rabat beton di Dusun Gudang 1 meter x 100 meter.

Jika flashback ke tahun 2021 ada bedah ruma program RTLH 5 unit sudha dibangun. Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2021 sudah dilaksanakan untuk rehab kantor desa. “Silpa juga untuk peralatan fardu kifayah. Jadi seperti alat untuk memandikan jenazah juga termasuk,” jelasnya.

Realisasikan Ketahanan Pangan dan BLT DD

AMANAT pemerintah pusat melalui dana desa, yakni agar dibuat program ketahanan pangan. Selain itu BLT DD juga terus berlanjut. Maka Pj Kades Segaran Imam Sukardi melaksanakan amanat tersebut. “Untuk ketahanan pangan kami cenderung ke penggemukan kambing. Ini masih terus kami mantapkan,” paparnya.

Jika penggemukan kambing mulai dirintis, warga atau petani yang mendapatkan amanah untuk mengelola tidak akan kesulitan untuk memenui kebutuhan pakan kambing. Rumput dan dedaunan tumbuh subur.

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama program ketahanan pangan akan dipenuhi. Sehingga perawatan dan penggemukan kambing akan berjalan dengan maksimal.

Sementara untuk menanggulangi dampak ekonomi akibat Covid-19, 125 keluarga penerima manfaat mendapatkan BLT DD. “Pencairan sudah dilaksanan tahap pertama bulan Januari-Maret dengan total Rp 900 ribu,” katanya. Menurutnya memang diamanatkan 40 persen DD untuk BLT.

“Masyarakat juga perlu disadarkan potensi desanya. Supaya ekonomi meningkat, mereka perlu mendukung pengembangan wisata yakni Ranu Segaran dan wisata alam lainnya.

Impikan Menjadi Desa Modern

KADES Terpilih Desa Segaran yakni Budi Utomo punya harapan dan impian membangun desanya ke depan. Tapi yang paling awal adalah mewujudkan kerukunan warga.

“Harapan kami bagi perangkat desa dan warga yang sebelumnya terbagi 2 kubu, maka pasca pilkades kami menginginkan kembali bersatu. Sama-sama mari mendukung pembangunan desa,” jelasnya.

Dia berharap pengalamannya bisa bermanfaat bagi warga desa dan lingkungan sekitarnya. Budi Utomo mengatakan dirinya  sudah puluhan tahun mengabdi sebagai perangkat desa. “Jabatan bendahara desa baru 2 tahun terakhir. Pelantikan dikabarkan bulan Mei mendatang,” katanya.

Budi lanjut menjelaskan impiannya, yakni untuk mewujudkan desa modern dengan pembangunan infrastruktur. Pemerataan pembangunan menjadi salah satu tujuan Pemerintah Desa Segaran selama ini. Karenanya, akses transportasi menuju seluruh penjuru desa, baik jalan poros maupun jalan pelosok diperhatikan.

Dan yang paling penting, kades terpilih seperti dirinya perlu memperhatikan program ekonomi desa. Hal itu supaya warga desa bisa cepat pulih secara ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. (ra/iwy)


Bagikan Artikel