Covid-19

Awal Tahun, Probolinggo Nihil Kasus Covid-19


PROBOLINGGO – Situasi menggembirakan terjadi lembaran baru tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo. Selain terus melandai, di awal tahun 2022 ini terjadi nihil kasus Covid-19 di semua kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, semakin hari semakin menurun dan terkendali. Bahkan, di awal tahun 2022 ini kasus virus menular itu nihil di seluruh kecamatan. Namun, masyarakat tetap diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Keadaan nihil kasus tersebut sudah berlangsung sekitar tiga hari terakhir. Berdasarkan data dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, nihil kasus tersebut tercatat sejak Jumat (31/12/2021) hingga Minggu (2/1/2022).

Nihil kasus itu juga bersamaan dengan tercapainya target sasaran vaksinasi umum dan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Probolinggo. Vaksinasi dosis 1 lansia mencapai 72.139 warga, atau 64.06 persen dari total sasaran 112.618 warga. Sementara vaksinasi umum dosis 1, mencapai 75.17 persen, atau 669.477 warga dari target 890.667 warga.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica menyatakan, nihil kasus itu bukan menjadi alasan semua pihak untuk bersantai. Justru kewaspadaan harus tetap dilakukan. Sebab, virus tersebut tidak diketahui kapan dan dimana penyebarannya.

Menanggapi data tersebut, kata dr. Vironica, pihaknya turut bersyukur dan berharap keadaan tersebut terus demikian. Dengan begitu aktifitas masyarakat semakin nyaman dan tenang. “Tapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan dimanapun. Terutama ketika keluar rumah. Apalagi keluar kota. Itu sebagai bentuk kewaspadaan,” papar dia.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menambahkan, nihil kasus tersebut harus tetap diwaspadai oleh semua pihak. Masyarakat pun diminta juga untuk ikut bersama-sama menjaga lingkungan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Di akhir tahun kemarin, kami bersama-sama melakukan upaya pencegahan di berbagai tempat. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak dinginkan. Semoga keadaan ini terus demikian,” jelasnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel