Covid-19

Polres Probolinggo Suntikkan 54 Ribu Vaksin


PROBOLINGGO – Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo terbantu dengan langkah Polres Probolinggo. Sejauh ini, Polres melalui tenaga medisnya telah melakukan vaksinasi sebanyak 54.620 dosis per Kamis (21/10) pekan lalu.

Paur Humas Polres Probolinggo Bripka Mukhtar Yuliharto mengatakan, dukungan penuh dilakukan oleh pihaknya kepada pemerintah. Khususnya vaksinasi yang dilakukan Pemkab Probolinggo dalam mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok). Berdasarkan Inmendagri Nomor 53, untuk bisa turun ke PPKM Level 2, pencapaian vaksin dosis 1 komulatif harus 50 persen dan vaksin dosis 1 lansia 40 persen.

“Hingga kini standar capaian vaksinasi untuk mencapai PPKM Level 2 masih belum tercapai. Oleh karenanya, vaksinasi kepada masyarakat terus dikebut,” terangnya, Minggu (24/10).

Demi mencapai target tersebut, Polres Probolinggo turut melakukan sejumlah upaya. Di antaranya menggunakan mobil gerai vaksin keliling. Mobil ini menyasar masyarakat pinggiran, pedagang pasar, atau melayani masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.

Di dalam mobil ini ada tenaga kesehatan, vaksin siap suntik, serta anggota TNI-Polri yang dilibatkan untuk percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinnggo. “Jika Satgas melakukan upaya door to door, kami juga melakukan upaya tersebut dengan menggunakan mobil khusus. Masyararakat yang belum vaksin, kami datangi,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga gerai vaksin presisi drive thru yang terletak di halaman Mapolres Probolinggo. Target vaksinasi itu sendiri adalah masyarakat yang melintas di depan Mapolres Probolinggo beserta masyarakat yang datang ke Polres.

Masyarakat yang divaksin akan diminta untuk menunjukkan aplikasi PeduliLindungi untuk dicek apakah sudah divaksin atau belum. Jika belum, maka akan diarahkan menuju tenda gerai vaksin drive thru. Petugas vaksinasi akan melakukan screening dan penyuntikan vaksin tanpa menyuruh warga untuk turun dari kendaraannya.

“Sudah 54.620 dosis vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat. Kami akan melakukan vaksinasi sampai capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinggo 100 persen,” tegas Bripka Mukhtar. (yek/eem)


Bagikan Artikel