Covid-19

Sediakan Barcode Vaksin di Tempat Wisata


PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo tengah menyiapkan barcode atau QR Code aplikasi PeduliLindungi di 14 objek wisata yang dikelola Pemkab. Fasilitas tersebut berfungsi mengecek wisatawan yang belum atau telah divaksin. Sebab meski obyek wisata telah dibuka, wisatawan yang belum divaksin tidak akan diperbolehkan masuk.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menerangkan, dengan adanya barcode itu, akan diketahui siapa pelaku wisata atau wisatawan yang belum divaksin.

“Kami telah mendaftar untuk mendapat barcode ke Kemenkes (Kementerian Kesehatan) untuk ditempatkan di tempat wisata,” terangnya.

Dengan barcode tersebut, pengunjung perlu mengunduh aplikasi PeduliLindungi lalu memindai QR Code di gerbang lokasi wisata untuk memperolah izin masuk. Jika hasil pemindaian menunjukkan warna hijau, berarti wisawatan terkait boleh masuk.

“Kalau warna kuning berarti petugas akan melakukan verifikasi ulang. Dan jika merah, berarti tidak diizinkan masuk lokasi wisata,” terang Yulius.

Sementara itu, Musa, Kepala Seksi Destinasi Wisata pada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo mengimbau pengelola objek wisata lain untuk memasang barcode tersebut. “Tujuannya demi keamanan dan kenyamanan bersama. Termasuk objek wisata yang dikelola pemerintah desa,” terangnya. Selama QR Code belum dipasang, wisatawan diminta menunjukkan bukti telah mengikuti vaksinasi kepada petugas. “Tanpa itu, izin masuk lokasi wisata tidak akan diberikan,” tegas Musa. (rul/eem)


Bagikan Artikel